PENERAPAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKAN RESPON POSITIF SISWA DALAM PELAJARAN PKN [ARTIKEL]
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pekutatan
pada siswa kelas XI IPS 1. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Meningkatkan hasil
belajar, (2) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Group Investigation dalam pelajaran PKn, dan (3) Mengetahui
kendala-kendala yang mungkin terjadi dalam penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Group Investigation. Prosedur kerja dalam pelaksanaan tindakan
dilakukan melalui empat tahap kegiatan, yakni : perencanaan, pelaksanaan,
evaluasi, dan refleksi. Empat tahap kegiatan tersebut dilakukan dalam dua siklus.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : (1) observasi, (2) tes, dan (3)
angket. Analisis data dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan : (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation dapat meningkatkan hasil belajar dari rata-rata 73,4 dengan daya
serap 73,4%, dan ketuntasan belajar 57,1% pada siklus I, meningkat menjadi rata-
rata 76,1 dengan daya serap 76,1%, dan ketuntasan belajar 82,8% pada siklus II,
(2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat
menumbuhkan respon positif siswa dengan rata-rata respon siswa 36,8 pada
siklus I, menjadi 38,7 pada siklus II, (3) Penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Group Investigation dalam pelajaran PKn mengalami beberapa
kendala pada siklus I yaitu terdapat anggota kelompok yang kurang aktif dan ragu
dalam mengemukakan pendapat.
Kata kunci : Kooperatif, Group Investigation, Hasil Belajar, Respon Positif
LINK DOWNLOAD : PDF
0 komentar:
Post a Comment