Kualitas Data dalam Riset Akuntansi Manajemen dan Keperilakuan: Bukti Empiris dari Metode Survei di Indonesia [JURNAL]
Kualitas Data dalam Riset Akuntansi Manajemen dan
Keperilakuan: Bukti Empiris dari Metode Survei di Indonesia
Y. Anni Aryani1*; Setianingtyas Honggowati1; Djuminah1; Agnes Utari Widyaningdyah2
1 Universitas Sebelas Maret Surakarta, Jl. Ir. Sutami 36 A, Surakarta 57126, Jawa Tengah
2 Universitas Widya Mandala Surabaya Jl. Dinoyo 48A, Surabaya 60265, Jawa Timur
* Korespondensi penulis, email: y_anniar@yahoo.com
ABSTRAK
Metode survei merupakan salah satu metode yang digunakan dalam penelitian akun-
tansi manajemen dan keperilakuan. Namun demikian, metode ini telah mendapat banyak
kritik terutama berkaitan dengan kualitas data. Studi ini menguji kualitas penelitian dalam
bidang akuntansi manajemen dan keperilakuan. Rerangka yang digunakan dalam studi ini
merujuk pada Van der Stede et al. (2005) yang menguji kualitas dari seluruh mail survey
dalam penelitian akuntansi manajemen dan keperilakuan yang dipublikasikan dalam
proceeding Simposium Nasional Akuntansi (SNA) periode 1999-2012. Hasil analisis me-
nunjukkan bahwa sebagian besar artikel telah menggunakan prinsip-prinsip dasar yang
disarankan dalam melakukan penelitian survei, walaupun masih terdapat beberapa hal
yang membutuhkan perhatian dalam rangka meningkatkan kualitas data survei.
Kata kunci: Kualitas data, metode survei, manajemen akuntansi dan perilaku.
1 Universitas Sebelas Maret Surakarta, Jl. Ir. Sutami 36 A, Surakarta 57126, Jawa Tengah
2 Universitas Widya Mandala Surabaya Jl. Dinoyo 48A, Surabaya 60265, Jawa Timur
* Korespondensi penulis, email: y_anniar@yahoo.com
ABSTRAK
Metode survei merupakan salah satu metode yang digunakan dalam penelitian akun-
tansi manajemen dan keperilakuan. Namun demikian, metode ini telah mendapat banyak
kritik terutama berkaitan dengan kualitas data. Studi ini menguji kualitas penelitian dalam
bidang akuntansi manajemen dan keperilakuan. Rerangka yang digunakan dalam studi ini
merujuk pada Van der Stede et al. (2005) yang menguji kualitas dari seluruh mail survey
dalam penelitian akuntansi manajemen dan keperilakuan yang dipublikasikan dalam
proceeding Simposium Nasional Akuntansi (SNA) periode 1999-2012. Hasil analisis me-
nunjukkan bahwa sebagian besar artikel telah menggunakan prinsip-prinsip dasar yang
disarankan dalam melakukan penelitian survei, walaupun masih terdapat beberapa hal
yang membutuhkan perhatian dalam rangka meningkatkan kualitas data survei.
Kata kunci: Kualitas data, metode survei, manajemen akuntansi dan perilaku.
LINK DOWNLOAD : GD
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi
0 komentar:
Post a Comment