-->

Komposisi Lac

Prosentase unsur pokok yang terdapat pada shellac bervariasi tergantung dari jenis pohon, tempat/lokasi , cuaca, namun secara umum, kandungan material  shellac terdiri dari :
Lac resin  65 – 70%
Lac wax   3 – 5 %
Gluten   4 – 6 %
Pewarna  10 – 12%
Prosentase di atas belum termasuk benda benda yang tidak berguna. Seperti bangkai serangga, kotoran dan lain – lain. Keberadaan lac wax  berfungsi sebagai penambah kekuatan tarik dan memperendah tahanan kelembaban. Pada campuran alkoho,l wax  menampilkan campuran yang keruh. Bahan pewarna pada lac yang asli terdiri dari dua pewarna (dye), satu larut dalam air, satu larut dalam spiritus. Banyak air melarutkan dye ketika seed lac  dicuci. Pada waktu tertentu, sebelum nilai resin shellac diketahui. Lac malah dipanen /diambil untuk dijadikan shellac warna (dye shellac). Tetapi kebanyakan dye dari shellac dilarutkan dengan spiritus, dan jika secara kimia shellac diwax, maka  warna shellac ini akan menjadi bening.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment