-->

Mencatat Transaksi Sewa mobil pada MYOB Accounting Plus V18

Sebagai contoh transaksi sewa mobil yang terjadi pada bulan januari adalah
• Tgl 2 januari disewa mobil Avanza oleh Linda selama 20 Hari yang dibayar secara tunai (Kas). Untuk mencatat transaksi tersebut ke dalam MYOB, ikuti langkah dibawah ini :

1. Pastikan anda masih berada di jendela Command Centre, pilih modul Sales. Berikut penjelasan singkat tentang fungsi-fungsi yang terdapat didalam modul Sales.
• Sales Register : digunakan untuuk menampilkan semua daftar transaksi penjualan
• Enter Sales : digunakan untuk membuat faktur penjualan
• Receive Payments : digunakan untuk memasukkan penerimaan pembayaran piutang dari customer
• Print Receipts : digunakan untuk mencetak daftar penerimaan penjualan 40
• Print/Email Invoices : digunakan untuk mencetak atau mengirim tagihan (invoice) via email.
• Print/Email Statements : digunakan untuk mencetak atau mengirim statement, yang berisi semua informasi yang berhubungan dengan pelanggan. MYOB menyediakan dua tipe statement yaitu faktur dan aktivitas.
• Transaction Journal : digunanakn untuuk menampilkan jurnal transaksi

2. Klik Enter Sales, untuk menampilkan kotak dialog Sales-New-Service. MYOB menyediakan tiga pilihan status penjualan.
• Quote : digunakan untuk membuat penawaran atau permintaan barang. Pilihan ini hanya digunakan untuk kepentingan Internal.
• Order : digunakan untuk membuat pesanan penjualan
• Invoice : digunakan untuk membuat faktur penjualan

3. Pilih INVOICE karena anda akan langsung membuat faktur penjualan

4. Klik tombol Layout untuk memilih layout yang digunakan. MYOB menyediakan 5 pilihan diantaranya ;
• Serivce : digunakan untuk transaksi yang bersifat jasa dan daftar produknya tidak terdapat di dalam Item List.
• Item : layout ini digunakan untuk transaksi penjualan barang atau jasa yang daftar produknya ada didalam Item List.
• Professional : layout ini digunakan untuk transaksi yang bersifat jasa
• Time Billing : layout ini digunakan untuk transaksi penjualan atas aktivitas jasa yang dicatat di dalam kartu aktifitas
• Miscellaneous : layout ini digunakan untuk mecatat transaksi penjualan dengan tujuan tidak untuk dicetak dan dikirim.

5. Pilih layout Item, lalu klik OK

6. Klik tanda panah pada kolom Customer, untuk memilih nama customer

7. Karena customer tersebut  belum pernah melakukan transaksi dengan perusahaan, maka andan harus membuat datanya terlebiih dahulu. Klik tombol New

8. Di dalam kotak dialog Card Information, isi data pribadi customer

9. Setelah selesai klik OK

10.Kembali ke kotak dialog Sales-New Item. Klik kembali tanda panah pada kolom customer, lalu klik customer : Linda, Klik Use Customer

11. Perhatikan pada kolom isian Ship to akan langsung terisi dengan nama dan alamat customer

12.Hilangkan tanda check pada kotak pilihan Tax Inclusive, karena harga sewa tidak termasuk pajak

13.Masukkan no Invoice tidak melebihi 8 karakter di dalam kolom Invoice #. Misalnya no Inoivce : S-0051. Lalu tekan tombol Tab,  pada kolom tanggal ketik 02/01/2008. Kosongkan kolom isian Cutomer PO #. Tekan Tab kembali sampai ke kolom isian Ship.

14.Dalam kolom Ship ketik : 20 (sewa selama 20 hari). Kosongkan kolom Backorder. Tekan tombol Tab sampai tampil kotak dialog Select From list. Coba anda perhatikan, kode sewa mobil yang sebelumnya telah dinonaktifkan yaitu kode sewa APV-B dan Innova-B tidak ditampilkan lagi.

15.Pilih Avanza-H, lalu klik Use Item

16.Tekan tombol Tab kembali, secara otomatis harga jual sewa akan tampil, pastikan kolom Tax terisi dengan tarif PPN

17.Pada kolom Item Number, klik tanda panah kode sewa untuk membuka jendela Item Information

18.Klik pilihan Inactive Item untuk menonaktifkan kode sewa tersebut. Ketika tampil konfirmasi MYOB klik OK. Klik OK kembali untuk mentup jendela Item Information.

19.Klik tanda panah pada kolom tax yang sejajar dengan kolom Freight, lalu pilih kode pajak N-T

20.Karena dibayar secara tunai, maka anda masukkan jumlah harga sewa didalam kolom Paid Today sebesar Rp 6.600.000 (ketik 6600000 tanpa spasi). Tekan Tab, perhatikan pada baris Balance Due akan terisi : Rp 0,00 yang berarti pembayaran lunas dan tidak ada saldo piutang lagi untuk customer tersebut. Klik tombol Details untuk menampilkan kotak dialog Applied Payment Details

21.Klik tombol pilihan Group with Undeposited Funds (Akun penampung penerimaan sementara) yaitu Kas. Klik OK

22.Pilih tombol print untuk mencetak faktur penjualan atau tombol Send To untuk mengirim faktur penjualan via Email atau Fax

23.Klik tombol Record untuk menyimpan transaksi penjualan, lalu klik Cancel untuk kembali ke jendela Command Centre

Pencatatan transaksi dalam faktur penjualan tersebut, secara otomatis akan langsug dicatat dalam jurnal pencatatan dan penerimaan kas. Untuk menampilkan, ikuti langkah berikut :
1. Masih dijendela Command Centre, klik Transaction Jurnal
2. Terdapat tujuh Tab yang dapat anda pilih untuk menampilkan jurnal yang anda inginkan
3. Pilih Tab Sales, pada koloom isian Dated From ketik tanggal : 01/01/2008 tekan Tab lalu pada kolom isian To ketik Tanggal : 31/01/2008
4. Kosongkan kolom isian ID From lalu tekan Tab lagi, hasilnya Jurnal penjualan
5. Untuk menampilkan jurnal penerimaan kas, klik Tab Receipts
6. Klik Close untuk menutup Jendela Trasaction Journal.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment