-->

Prosedur Rekonsiliasi Bank


 Informasi yang dimiliki oleh perusahaan, adalah jurnal penerimaan kas dan jurnal pembayaran kas, atau Buku Kas. Selanjutnya setiap akhir bulan perusahaan akan menerima rekening Koran (Bank Statement) dari bank, maka pada saat akan mencari kesalahan dari kedua catatan tersebut, lakukan langkah di bawah ini:

1. Bandingkan kolom Kredit Laporan Bank (Bank Statement – Cr), dengan Buku Kas – Dr atau JKM, bilamana informasi keuangan ada pada kedua laporan tersebut, maka beri tanda tick (√) pada kedua informasi tersebut. Tapi bilamana informasi keuangan hanya ada pada Laporan Bank saja, maka informasi tadi harus dicatat pada Buku Kas – Dr / JKM sebagai penyusaian. Selanjutnya bilamana informasi hanya ada pada Buku Kas – Dr / JKM, maka pada informasi tadi beri tanda DIT (deposit intransit). Bilamana semua informasi sudah diberi tanda dan penyesuaian sudah dibuat, maka jumlahkan (total) Buku Kas – Dr / JKM tadi.

2. Bandingkan kolom Debet Laporan Bank (Bank Statement – Dr), dengan Buku Kas – Kr / JKK, bilamana informasi keuangan ada pada kedua laporan tersebut, maka beri tanda tick (√) pada kedua informasi tersebut. Tapi bilamana informasi keuangan hanya ada pada Laporan Bank saja, maka informasi tadi harus dicatat pada Buku Kas – Kr / JKK, sebagai penyesuaian. Selanjutnya bilamana informasi hanya ada pada Buku Kas – Kr / JKK, maka pada informasi tadi beri tanda UP (Unpresented Cheque). Bilamana semua informasi sudah diberi tanda dan penyesuaian sudah dibuat, maka jumlahkan (total) Buku Kas – Kr / JKK tadi.

3. Kemudian cari saldo akhir dari Buku Kas tersebut, dengan membandingkan:
Saldo Awal (Dr) + Total Penerimaan – Total Pengeluaran = Saldo Akhir (Dr/Kr)
Saldo Awal (Kr) – Total Penerimaan + Total Pengeluaran = Saldo Akhir (Dr/Kr)

4. Kemudian perusahaan membuat Laporan Rekonsiliasi Bank, dengan format seperti di bawah ini:

Pada saat membuat laporan rekonsiliasi bank, perhatikan saldo akhir dari rekening Koran, bilamana bersaldo Dr + Unpresented Cheque – Deposit Intrasit +/- Koreksi Kesalahan. Tapi bila bersaldo Kr – Unpresented Cheque + Deposit Intransit +/- Koreksi Kesalahan.
Selanjutnya bandingkan maka Saldo Kas harus = Saldo Laporan Rekonsiliasi



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment