Penerimaan Kas dari Pelanggan
Piutang dan penjualan barang atau jasa biasanya berpengaruh pada pendapatan kas jika penjualan yang dilakukan secara tunai, atau penambahan piutang jika penjualan dilakukan secara kredit. Perusahaan harus mencatat piutang dengan tepat dan akurat. Penerimaan uang yang dicatat melalui Modul Sales adalah semua penerimaan dari pelanggan (customer payments) yang berhubungan langsung dengan penjualan barang atau jasa aktivitas utama perusahaan. Misalnya pembayaran angsuran atau pelunasan hutang (bagi pelanggan) dan piutang (bagi perusahaan) dari transaksi pembelian barang/jasa.
Cara pencatatan penerimaan kas dari pelanggan adalah sebagai berikut :
• Pada jendela Command Centre, pilih Sales.
• Klik tombol Received Payments.
• Pada Deposite to Account, tentukan rekening untuk mencatat transaksi tersebut, misal : BCA.
• Pada Customer, pilih nama pelanggan.
• Pada Date, isi tanggal transaksi.
• Pada Amount Received, isi dengan nilai penerimaan dari pelanggan.
• Pada Payment Method, tentukan metode pembayaran.
• Pada Memo, isi dengan keterangan tambahan tentang piutang.
• MYOB menampilkan beberapa informasi dalam bentuk kolom :
o Invoice#, menampilkan nomor faktur transaksi ketika dibuat.
o Status#, menampilkan status faktur tersebut, yaitu Open (saldo faktur positif), Closed (saldo faktur nol/sudah lunas) atau Pending (faktur ditempatkan di file Pending).
o Date, menampilkan tanggal faktur tersebut dibuat.
o Amount, menmapilkan nilai nominal faktur.
o Discount, untuk memasukkan besar nilai diskon yang diberikan.
o Total Due, menampilkan nilai seluruh jumlah piutang.
o Amount Applied, menampilkan besar piutang yang dibayar, isi dengan nilai yang sama pada isian Amount Received diatas.
• Setelah selesai klik tombol Record.
0 komentar:
Post a Comment