-->

Membuat Data Akuntansi Baru

Setelah kita selesai dengan data akuntansi yang diperlukan. Langkah selanjutnya adalah proses pembuatan data akuntansi baru perusahaan, dapat dilakukan melalui perintah berikut :

• Aktifkan Program MYOB Accounting, selanjutnya akan muncul kotak dialog Welcome To MYOB Accounting yang berisikan lima tombol, seperti gambar di bawah ini.

Keterangan :
  1. Open, pilihan ini untuk mengaktifkan salah satu data akuntansi perusahaan yang telah dibuat sebelumnya. File data akuntansi dalam MYOB berektensi DAT.  
  2. Create, pilihan ini untuk membuat sebuah data akuntansi perushaan yang baru.  
  3. Explore, pilihan ini jika Anda ingin mengeksplorasi contoh data akuntansi yang disertakan pada waktu Anda menginstalasi MYOB. Gunakan contoh data akuntansi tersebut untuk mempelajari MYOB.  
  4. What’s New, pilihan ini untuk menampilkan bebagai informasi tentang fitur-fitur terbaru dan peningkatan dari versi sebelumnya.  
  5. Exit, pilihan ini untuk keluar dari program MYOB. 

• Klik tombol Create new Accounting Data, maka akan tampil kotak dialog MYOB New Company File Assistant.

• Pada pilihan Company Information isikan Nama, Alamat, Telepon, Fax dan E-Mail perusahaan. Lihat gambar di bawah ini.
• Klik Next, pada pilihan Accounting Information, ketik data tahun periode akuntansi pada Current Financial Year (misal, 2008), pada Last Month of Financial Year pilih December, pada Conversion Month pilih January, dan pada Number of Accounting Periods pilih Twelve.
• Klik Next, pada pilihan Account List, pilih I Would like to build my own Accounts list once I begin using MYOB.
• Pada pilihan Company File, klik Change untuk menentukan nama file dan alamat penyimpanan data akuntansi.
• Selanjutnya klik Next, 
• Klik Command Centre, maka akan ditampilkan MYOB Accounting (Command Centre), Perhatikan gambar di bawah ini :
Keterangan : 
  1. Account, adalah komponen utama dari sistem akuntansi perusahan, yang merupakan ringkasan dari seluruh aktivitas perusahaan tersebut, berfungsi untuk memodifikasi bagan akun, memasukan saldo awal akun-akun, dan proses penjurnalan transaksi umum, seperti biaya-biaya dan pembelian/penjualan barang yang dikapitalisasi.  
  2. Banking, untuk mencatat transaksi-transaksi pengeluaran dan penerimaan kas, seperti tagihantagihan dan beban-beban sewa, listrik dan telepon, pemakaian dan pengeluaran kartu kredit, pinjaman dari bank, rekonsiliasi rekening koran bank dengan akun-akun bank, mencetak cek-cek yang Anda bayarkan, dan melakukan pembayaran elektronik.  
  3. Sales, untuk mencatat transaksi-transaksi penjualan (tunai/kredit), penerimaan pembayaran piutang dari pelanggan, mencatat retur penjualan sekaligus penyerahan uang kas kepada pelanggan.  
  4. Time Billing,  dipakai untuk menghitung penjualan.pembelian yang menggunakan perhitungan persatuan waktu. Misalnya biaya konsultasi manajemen per jam.  
  5. Purchases, untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian (tunai/kredit), pembayaran hutang kepada pemasok, mencatat retur pembelian sekaligus penerimaan uang kas dari pemasok.  
  6. Payroll,  dipakai untuk penggajian karyawan menggunakan sistem payroll, bisa dipakai untuk berbagai macam cara penggajian, seperti jam, harian, mingguan atau bulanan.  
  7. Inventory, mencatat aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan pemeliharaan persediaan barang dagangan, seperti mencatat, mengubah, menghapus, menetapkan dan menyesuaikan harga, memasukkan hasil perhitungan fisik persediaan barang dagangan, dan penerbitan laporan yang terkait.  
  8. Card File, untuk membuat, mencari, menampilkan, mengubah, menghapus, dan mengelompokkan catatan individu, perusahaan, dan lembaga tersebut. Anda dapat mencatat seluruh informasi mengenai pelanggan dan Pemasok Anda, mencatat historis penjualan, menetapkan pajak dan termin pembayaran dari pelanggan dan pemasok, membuat catatan kontak, membuat label surat, dan membuat surat-surat untuk mereka.





Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment