-->

Jurnal Balik


Jurnal Balik adalah jurnal yang dibuat pada awal suatu Jurnal penutup dan neraca saldo setelah penutupan.

Ayat jurnal penutup merupakan ayat jurnal untuk mengeleminir (me-nolkan) perkiraan sementara (temporary Account) apabila akan dimulai pencatatan data akumulasi periode berkepentingan, untuk melakukan ayat jurnal penutup diperlukan satu perkiraan tambahan yang dapat digunakan untuk mengikhtisarkan data yang terdapat dalam perkiraan-perkiraan pendapat dan biaya. Perkiraan ini disebut ikhtisar laba-rugi (Incame summary).

Ada empat tahap yang diperlukan untuk melakukan jurnal penutup keempat tahap tersebut adalah sebagai berikut:
1. Semua perkiraan pendapatan di debet sebesar masing-masing saldo akhirnya, perkiraan ikhtisar laba-rugi  di debet sebesar sejumlah saldo akhir perkiraan tersebut dengan pendebetan ini, perkiraan pendapatan akan menjadi nol.
2. Semua perkiraan biaya di kredit sebesar masing-masing saldo akhirnya dan perkiraan ikhtisar laba rugi di debet sebesar sejumlah saldo akhir perkiraan tersebut, dengan pengkreditan semua perkiraan biaya akan bersaldo nol.
3. Selisih antara jumlah sesi kredit dengan jumlah sisi debet pada perkiraan ikhtisar laba-rugi dipindahkan ke perkiraan modal, apabila memperoleh laba, sisi kredit perkiraan ikhtisar laba-rugi akan lebih besar. Untuk memindahkan laba diperlukan modal, perkiraan ini debet sebbesar selisih antara sesi kredit dan debet, perkiraan modal di kredit dengan jumlah yang sama.
4. Perkiraan prive di kredit sebesar saldo akhirnya dan perkiraan modal di debet dengan jumlah yang sama.

Setelah jurnal penutup dicatat, posisi keenam jenis perkiraan tersebut adalah sebagai brikut:
1. Perkiraan aktiva bersaldo debet
2. Perkiraan kewajiban bersaldo kredit
3. Perkiraan Modal bersaldo kredit
4. Perkiraan Prive bersaldo nol
5. Perkiraan Pendapatan bersaldo nol
6. Perkiraan Biaya bersaldo nol

Contoh tahap pelaksanaan jurnal penutup adalah sebagai berikut:
1. Menutup semua perkiraan pendapatan

4. Biaya dibayar dimuka
Apabila pembelian aktiva tetap apabila dicatat sesuai ikhtisar. Pada akhir periode akuntansi ditentukan jumlah biaya yang terpakai dan dibuat jurnal penyesuaian misal PT. Makmur membeli perlengkapan sebesar Rp.2.400.000 transaksi ini akan dicatat:
Ayat jurnal akhir tahun adalah sebagai berikut:
Jurnal Balik yang diadakan awal tahun 2006 adalah sebagai berikut:

Pencatatan pada waktu diterima uang sewa adalah sebagai berikut:




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment