-->

Teknik pembuatan sayatan tipis batuan


Gambar 2.8. Sketsa Prosedur
Langkah pembuatan sayatan tipis batuan adalah sebagai berikut.
1. Pemilihan sample batuan
2. Penentuan arah potong pada sampel. Sampel batuan dipotong dengan mesin potong sesuai ukuran dengan tebal 1 cm, lebar 2 cm, dan panjang 4 cm.
3. Pelicinan salah satu permukaan sampel pada gerinda mesin dan hand gerinda, penggosokan salah satu permukaan slide glass. Setelah itu ditipiskan dengan batu asah sampai ketebalannya 0,5 cm.
4. Keping batuan ditempel pada slide glass. Sampel digerinda sampai pada ketebalan mendekati 0,03 mm dengan mesin gerinda.
5. Untuk mengetahui ketebalan 0,03 mm ini maka diperiksa dengan mikroskop polarisasi sampai mineral mineralnya tampak jelas dan mineral kuarsa tampak berwarna kuning jerami dan atau mineral plagioklas berwarna putih (tidak berwarna warni lagi pada mikroskop polarisasi sejajar nikol )
6. Pemasangan cover glass. Setelah mencapai ketipisan 0,03 mm, lalu di atas sayatan tersebut kita Canada balsam lalu kita tutup dengan kaca penutup.
7. Sayatan dibersihkan dengan alkohol, xylene, toluene
8. Pemberian kode & no. sample pemula untuk penulisan kode sayatan (misal LP1, bagian tengah)
9. Sample sayatan disusun dalam tray untuk dikirim ke Lab. Petrografi
10. Selanjutnya sayatan tipis siap diamati dengan memakai mikroskop polarisasi.

Gambar 2.9. Mikroskop polarisator



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment