-->

SCR, DIAC & TRIAC

  • Pengertian SCR, DIAC & TRIAC
SCR singkatan dari Silicon Control Rectifier.SCR adalah dioda yang mempunyai fungsi sebagai pengendali. TRIAC mempunyai kontruksi sama dengan DIAC, hanya saja pada TRIAC terdapat terminal pengontrol (terminal gate). Sedangkan untuk terminal lainnya dinamakan main terminal 1 dan main terminal 2 (disingkat mt1 dan mt2).

  • KarakteristikSCR, DIAC & TRIAC
Sebuah SCR terdiri dari tiga terminal yaitu anoda, katoda, dan gate.SCR berbeda dengan dioda rectifier biasanya.SCR dibuat dari empat buah lapis dioda.SCR banyak digunakan pada suatu sirkuit elekronika karena lebih efisien dibandingkan komponen lainnya terutama pada pemakaian saklar elektronik.SCR biasanya digunakan untuk mengontrol khususnya pada tegangan tinggi karena SCR dapat dilewatkan tegangan dari 0 sampai 220 Volt tergantung pada spesifik dan tipe dari SCR tersebut.
TRIAC tersusun dari lima buah lapis semikonduktor yang banyak digunakan pada pensaklaran elektronik. TRIAC biasa juga disebut thyristor bi directional.TRIAC merupakan dua buah SCR yang dihubungkan secara paralel berkebalikan dengan terminal gate bersama.
Ketika tegangan dari DIAC bergerak dari tegangan VB, DIAC break-over dan berperan sebagai diode penghubung. Peranan ini sama pada kedua arah. Menambahkan DIAC pada gerbang TRIAC meningkatkan substansi tegangan penghidupan dari TRIAC dan dengan demikian didapatkan tenaga yang lebih dalam pengontrolan dalam tegangan tinggi.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment