-->

Merancang Percobaan Pengaruh Faktor Luar terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan

Sebelum meneliti pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan dan perkembangaan, kalian perlu melakukan langkah-langkah metode ilmiah. Tahapan atau langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Menemukan Masalah  Masalah adalah segala sesuatu yang tidak sama atau tidak sesuai dengan harapan pengamat. Masalah yang terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dapat muncul setelah pengamat melakukan pengamatan tentang pertumbuhan dan perkembangan, atau memperoleh informasi dari orang lain yang pernah mengamati (dapat berupa informasi tertulis misalnya informasi yang ditulis di buku dan media masa, atau dapat pula berupa informasi lisan). Contohnya, pengamat melihat beberapa pot tanaman lidah buaya di sebuah taman yang memperoleh sinar matahari sepanjang hari. Daun dan batangnya menguning, kecil-kecil, dan terlihat tidak subur. Dari kenyataan ini, pengamat menemukan masalah apakah menguningnya daun dan batang lidah buaya disebabkan oleh terik matahari sepanjang hari? Bukankah tanaman itu membutuhkan cahaya? Sebenarnya, seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan? Seorang pengamat yang ingin meneliti harus memilih masalah yang ingin diteliti. Pemilihan masalah menentukan langkah-langkah berikutnya.

2. Merumuskan Masalah Dari beberapa masalah yang muncul dari pengamatan kemudian dipilih dan disusun menggunakan kalimat yang padat dan jelas. Misalnya, apakah ada pengaruh lama penyinaran matahari terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan lidah buaya? Dapat pula
Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan
masalahnya dipersempit lagi misalnya, apakah ada pengaruh lama penyinaran matahari terhadap pertumbuhan dan perkembangan daun lidah buaya? Rumusan masalah selalu menggunakan kalimat tanya.

3. Merumuskan Hipotesis Hipotesis merupakan dugaan sementara yang ditetapkan oleh seorang peneliti. Kebenaran hipotesis dibuktikan dengan penelitian lebih lanjut. Hipotesis muncul setelah peneliti merumuskan masalah. Contohnya jika rumusan masalahnya apakah ada pengaruh lama penyinaran matahari terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan lidah buaya? Maka hipotesis nol (H0) adalah tidak ada pengaruh lama penyinaran matahari terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan lidah buaya. Rumusan kalimat pada hipotesis bukan kalimat tanya. Pada saat peneliti merumuskan hipotesis, sebaiknya peneliti melakukan pengamatan lebih mendalam lagi tentang hal yang akan diteliti. Contoh jika rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh lama penyinaran matahari terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan lidah buaya, maka peneliti terlebih dahulu mengamati pertumbuhan lidah buaya di tempat yang teduh atau di tempat amat terlindung. Peneliti mencari informasi lebih lanjut, berapa lama tumbuhan lidah buaya berada di tempat itu.

4. Merancang Percobaan Rancangan percobaan meliputi menetapkan variabel penelitian, alat dan bahan, cara kerja, dan bentuk format tabel data. Di samp ing itu, penting pula menetapkan waktu dan tempat percobaan.

a. Menetapkan variabel penelitian Ada 3 macam variabel penelitian yaitu variabel bebas, variabel terikat (variabel tergayut), dan variabel kontrol.

1) Variabel bebas  Variabel bebas adalah uji coba atau perlakuan (treatment) yang dikenakan pada objek yang diteliti. Pada contoh di atas, objek yang diteliti adalah tumbuhan lidah buaya. Uji cobanya adalah pemberian lama penyinaran sinar matahari yang bervariasi misalnya disinari sepanjang hari, disinari pagi hari (tumbuhan diletakkan di sebelah timur bangunan), disinari sore hari (diletakkan di sebelah barat bangunan), diletakkan dalam ruangan yang tetap terang, dan diletakkan di bawah pohon rindang. Jadi ada 5 perlakuan. Setiap perlakuan disediakan minimal 3 ulangan (3 pot tanaman).

2) Variabel terikat Variabel terikat adalah sesuatu yang ingin diamati karena perlakuan yang diberikan atau dampak dari uji coba. Menetapkan variabel terikat dengan cara menetapkan hal yang dilakukan saat mengamati dampak uji coba.
Contoh: pada penelitian di atas, hal yang diamati adalah pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan lidah buaya. Tumbuhan lidah buaya dikatakan tumbuh dan berkembang dengan baik, jika daun yang ada bertambah panjang, besar, tumbuh anakan baru, daunnya hijau segar, lebih tebal, beratnya tambah dan lainnya.

3) Variabel kontrol Meliputi semua kondisi yang harus sama atau relatif sama dalam suatu penelitian. Kondisi ini harus dijaga terus oleh peneliti selama penelitian berlangsung. Contoh: kondisi awal tumbuhan (kekuningannya), jumlah daun (kalau tidak sama, peneliti harus lebih teliti mencatat kondisi awal), jenisnya (dapat dengan mengambil dari satu tempat), medium tanam, besar pot, campuran pupuk, penyiraman, dan kondisi udara.

b. Menetapkan Alat dan Bahan Untuk dapat menetapkan alat yang digunakan, peneliti harus memiliki gambaran utuh pelaksanaan percobaan, apakah dengan bedengan-bedengan sawah atau pekarangan, apakah dengan polibag atau dengan pot. Kemudian juga gambaran tentang alat perlengkapan bercocok tanam, alat pengukur variabel kontrol, variabel terikat, serta variabel bebas. Sedangkan jumlah pot atau bedengan tergantung pada jumlah ulangan. Adapun bahan yang digunakan ditetapkan berdasarkan permasalahan. Contoh bahan meliputi tumbuhan lidah buaya, air untuk menyiram, dan pupuk. Jumlah bahan yang diperlukan tergantung pada jumlah ulangan setiap perlakuan. Jika ada 5 perlakuan, dan setiap perlakuan menggunakan 3 ulanga n, maka jumlah pot yang dibutuhkan adalah 3  5 = 15 dengan setiap pot minimal satu tanaman. Agar kalian memahami tentang rancangan percobaan, perhatikan rancangan percobaan pengaruh faktor luar berikut. Ada informasi bahwa air merupakan zat yang dapat menghentikan masa dormansi biji. Petani melakukan perendaman biji selama satu malam sebelum menanamnya. Dari informasi tersebut, muncul:
a.  Rumusan masalah : Seberapa banyak air yang dapat menyebabkan masa dormansi biji berakhir? Apakah semakin lama biji direndam, semakin banyak air yang masuk sehingga semakin cepat pertumbuhan kecambahnya?
b.  Hipotesa : Tidak ada pengaruh lama perendaman biji terhadap perkecambahan biji kacang.
Rancangan percobaan untuk mencari jawaban hipotesa sebagai berikut:
a.  Judul penelitian : Pengaruh lama perendaman biji terhadap perkecambahan biji kacang.
Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan 23
b.  Variabel bebas : Berbagai lama perendaman biji (6 jam, 12 jam, 18 jam, dan 24 jam). Jadi, ada empat perlakuan.
c.  Variabel terikat : Perkecambahan biji, yang diamati adalah pertambahan panjang kecambah hingga hari ke-15 setelah ditanam.
d.  Variabel kontrol : Cahaya, volume air rendaman, tempat penelitian, dan penyiraman. Variabel ini sama untuk semua perlakuan yang telah ditetapkan.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment