-->

Membandingkan Karakteristik Novel

Pada Pelajaran 9, kalian telah mempelajari periode sastra Indonesia. Setiap periode sastra tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Pada Materi ini, kalian akan belajar membandingkan karakteristik novel angkatan 20 – 30-an dengan novel Indonesia mutakhir. Secara garis besar ciri-ciri yang menonjol dari karya sastra Angkatan 20 – 30-an sebagai berikut.
a. Banyak dijumpai surat-surat yang panjang dan sering kali diselingi dengan pantun atau puisi-puisi panjang.
b. Banyak terdapat dialog yang berkepanjangan, dan seringkali dialog tersebut tidak masuk akal baik saatnya maupun isinya.
c. Banyak dialog yang digunakan untuk nasihat/pendidikan.
d. Bahasa yang digunakan dengan memakai saya dan ragam yang khas pada masa itu.
e. Tema yang diangkat berupa problem adat dan tema pendidikan.

Secara garis besar ciri-ciri karya sastra mutakhir meliputi hal-hal berikut ini.
a. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang kadang dipengaruhi oleh bahasa Inggris.
b. Cara bercerita dalam karya sastra modern singkat, padat, dan tugas.
c. Tema yang diangkat telah mendapat pengaruh politik, kebudayaan akar tradisi, sejarah, dan psikologi. Bacalah salah satu karya sastra Indonesia mutakhir berikut!

Tugas
Kerjakanlah tugas-tugas berikut dengan baik!
1. Setelah kalian membaca kutipanm novel "Pada Sebuah Kapal", bacalah kutipan novel "Sengsara Membawa Nikmat" pada Pelajaran 9 di depan!
2. Bandingkanlah kutipan "Sengsara Membawa Nikmat" dengan "Pada Sebuah Kapal" dari segi tema, bahasa, tokoh, dan latarnya!




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment