-->

Jenis-jenis kikir

a. Kikir flat (Flat file)

Kikir ini digunakan untuk mengikir permukaan luar yang luas dan membutuhkan kerataan atau level juga dapat digunakan untuk mengikir permukaan dalam dengan syarat lebarnya harus lebih besar dari lebar kikir.  
  • Tingkatan  kehalusan kikir flat 




a.    Bastard
Adalah kikir kasar panjang badan 12”, dengan jumlah gigi 9 gigi/cm, cs = 25 , s= 0,01 , n= 40 dan mempunyai tingkat kehalusan N9 s/d N8.

b.   Half Smooth
Adalah kikir setengah halus panjang badan 10”, dengan jumlah gigi 12 gigi/cm , cs = 25 , s = 0,005 , n = 40 dan tingkat kehalusan N8 s/d N7.

c.    Smooth
Adalah kikir halus, panjang badan 8” dengan jumlah gigi 20 gigi/cm  cs = 25   s = 0,0025 ,   n = 40 dengan tingkat kehalusan N7 s/d N6.

b. Kikir ½ bulat (Half round file)
 
Kikir ini digunakan untuk mengikir permukaan yang cekung dengan radius yang lebih besar dan dapat untuk mengikir sudut 350 atau lebih dan juga dapat untuk mengikir permukaan yang flat. Guratan ganda satu permukaan berbentuk cembung. Dipergunakan untuk pekerjaan yang bersifat umum dan mengikir lengkungan bagian dalam. Ukuran panjangnya 100 mm hingga 450 mm.

c. Kikir bulat (Round file)  Kikir ini digunakan untuk mengikir alur dengan kerataan radius dan juga mengikir permukaan lubang dengan radius kecil. Guratan tunggal atau ganda. Digunakan untuk permukaan yang lengkung, meluaskan lubang. Ukuran panjangnya 100 mm hingga 500 mm. Kikir bulat kecil dikenal sebagai alat kikir buntut tikus.

d. Kikir segi empat (Square file) Kikir ini digunakan untuk mengikir alur sempit dengan permukaan lubang segiempat bagian dalam. Guratan ganda pada keempat muka. Dipergunakan untuk membuat jalur, menyiku celah dan pundak bujur sangkar. Ukuran panjangnya guratan 100 mm hingga 500 mm.

 
e. Kikir segi-3 (Triangular files)
Kikir ini digunakan untuk mengikir sudut 600 atau lebih dan untuk mengikir permukaan lubang yang berbentuk segitiga.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment