-->

Istirahat untuk menghilangkan Fatique (Ret to Overcome Fatique).

Hal ini tidak terjadi pada setiap siklus kerja, tetapi terjadi secara periodic.
Waktu untuk memulihkan lagi kondisi badanya dari rasa fatique sebagai akibat kerja berbeda-beda, tidak saja karena jenis pekerjaannya tetapi juga oleh individu pekerjanya.
Pertanyaan-pertanyaan berikut dipakai sebagai patokan untuk memperbaiki kelambatan-kelambatan yang diakibatkan oleh titik-titik n, o ,p dan q diatas.

- Apakah anggauta tubuh yang digunakan sudah tepat?
Agar tidak terjadi pemborosan tenaga harus diperhatikan apakah anggauta tubuh yang tidak diperlukan ikut bergerak atau tidak, Dengan demikian rasa fatique tidak akan datang pada saat yang belum pantas.

- Apakah temperature, kelembaban, ventilasi, kebisingan dan kondisi kerja yang lain telah memuaskan?
kondisi kerja tertentu dapat mempengaruhi fungsi beberapa bagian tubuh.
Sedemikian rupa sehingga rasa fatique dari pekerja akan lebih cepat datang atau kemampuan bekerja akan menurun jika kondisi ruang kerjanya tidak cocok bagi pekerja tersebut.

- Apakah ukuran kursi dan meja telah disesuaikan dengan tubuh pekerja?
Ukuran kursi dan meja harus disesuaikan dengan ukuran-ukuran tubuh yang memakainya sehingga tidak akan terjadi hambatanhambatan yang ditimbulkan oleh tidak cocoknya ukuran-ukuran kursi dan meja tersebut.
Untuk jenis pekerjaan yang berlainan, kadang-kadang harus dirancang berbentuk kursi yang berlainan. hal ini harus diteliti dengan seksama.

- Apakah posisi kerja yang terbaik telah ditentukan?
Harus diteliti apakah suatu pekerjaan lebih baik dilakukan sambil duduk atau berdiri. Hal ini tergantung pada pengaturan tata letak kerja dan ketahanan tubuh menghadapi suatu posisi kerja.

-Apakah untuk beban-beban yang berat sudah digunakan peralatan mekanik ?
Tubuh manusia sangat terbatas kemampuannya, termasuk untuk mengangkat suatu obyek yang berat. Jadi pembebanan terhadap tangan harus dipertimbangkan batas kemampuannya, hal yang sama untuk bagian tubuh yang lain.

- Apakah gizi makanan dari pekerja telah mencukupi?
Di bawah ini ada beberapa tingkat tipe pekerjaan dengan kebutuhan kalori/harinya.
 




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment