-->

ENDAPAN PIROKLASTIK

  • Endapan Piroklastik  Tak  Terkonsolidasi 
1.  Bomb gunungapi Bomb adalah gumpalan –gumpalan lava yang mempunyai ukuran > 64 mm, dan sebagian atau semuanya plastis pada waktu tereropsi. Dapat dibagi menjadi 3 macam :
a.  Bom pita (ribbon bombs), yaitu bomb yang memanjang seperti suling dan sebagian besar gelembung-gelembung memanjang dengan arah yang sama. Bamb ini sangat kental mempunyai bentukmenyudut mempunyai inti dari material yang terkonsolidasi  serta retakan kulitnya tidak teratur 
b.  Bomb teras (cored bomb), bomb yang mempunyai inti material yang terkonsolidai lebih dahulu, mungkin fragmen –fragmen sisa erupsi terdahulu dari gunungapi yang sama.
c.  Bomb kerak roti (bread crust bombs), yaitu bomb yang bagian luarnya retakretak  persegi seperti nampak kulit roti yang mekar, hal ini disebabkan oleh bagian kulitnya cepat mendingin dan menyusut

2.  Block gunungapi (Vulcanic  Block)
Merupakan batuan piroklastik yang dihasilkan oleh eropsi eksplosif dari fragmen batuan yang sudah memadat lebih dulu dengan ukuran > 64 mm. Block-block ini  selalu menyudut bentuknya.

3.  Lapili Berasal bahasa latin yaitu lapilus, nama untuk hasil  erupsi eksplosif gunungapi yang berukuran 2 mm-64 mm. Selain  dari  atau fragmen batuan kadang-kadang terdiri dari mineral-mineral augit, olivin, dan plagioklas. 

4.  Debu gunungapi Adalah batuan piroklastik yang berukuran 2 mm-1/256 mm yang dihasilkan oleh pelemparan dari magma akibat erupsi eksplosif .  Namun ada juga debu gunungapi yang terjadi karena proses penggesekan pada waktu erupsi gunungapi. Debu gunungapi masih dalam keadaan belum terkonsolidasi.

  • Endapan Piroklastik Yang Terkonsolidasi 
Merupakan akibat lithifikasi endapan piroklastik  jatuhan 
1.  Breksi piroklastik Adalah batuan yang disusun oleh block-block gunungapi yang telah mengalami konsolidasi dalam jumlah > 50% serta mengandung ± 25 % lapili dan debu.

2.  Aglomerat (Agglomerat) Adalah batuan ang dibentuk  oleh konsolidasi material-material dg kandungan didominasi oleh bomb gunungapi dimana kandungan lapili dan abu < 25 %.

3.  Batu lapili  (lapilli stone) Adalah batuan yang dominan terdiri dari fragmen lapili dengan ukuran 2-64 mm.

4.  Tuff Adalah endapan dari abu gunung api yang telah mengalami konsolidasi  dengan kandungan abu mencapai 75 %.
Macamnya :
 Tuff lapilli (lapili tuf)
 Tuff  aglomerat (agglomerat tuff)
 Tuff breksi piroklastik (pyroclastic breccia tuff)



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment