-->

Deskripsi Analisis perancangan kerja

Deskripsi Analisis perancangan kerja pada awalnya dikembangkan oleh F.W. Taylor dan F.B. Gilberth. Penelitian-penelitian mereka sesungguhnya tidak dilakukan secara bersamaan, namun hasil-hasil penelitian mereka telah digabungkan dan dikembangkan sehingga akhirnya dikenal sebagai Teknik Tata Cara Kerja atau Methods Engineering. F.W. Taylor merupakan tokoh yang pertama melakukan penelitian mengenai pengukuran waktu (time study) yang merupakan cikal bakal dari lahirnya displin ilmu Teknik Industri. Ia bekerja di pabrik baja di Amerika pada tahun 1981 sebagai seorang pengawas. Selama menjadi pengawas ia melihat pekerjapekerja tidak berprestasi sebagaimana mestinya. Taylor berpendapat bahwa seharusnya pekerja-pekerja tersebut dapat memberikan hasil yang lebih maksimal. Setelah melakukan pengamatan Taylor menduga bahwa yang menjadi penyebab adalah pengaturan jam kerja yang tidak baik. Dari situlah Taylor melakukan penelitian terhadap pekerja, dan hasil penelitian menyatakan bahwa kerja kerja dipengaruhi oleh lamanya waktu kerja, waktu istirahat dan frekwensi istirahat. Kemudian Taylor melakukan pengukuran waktu kerja dengan menggunakan jam henti (stop watch) untuk mengetahui waktu yang efektif untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ilmu-ilmu di bidang pengukuran waktu selanjutnya mengalami perkembangan, seperti lahirnya Data waktu Standard, Data Waktu Gerakan, dan penggunaan work sampling sebagai salah satu alternatif lain dalam pengukuran waktu.

Pada tempat dan waktu yang berbeda F.B. Gilbreth juga melakukan penelitian mengenai waktu gerak, hal ini didasari dari semasa dia bekerja sebagai seorang kontraktor melihat cara kerja para pekerjanya, dia melihat ketidakefisienan gerakan-gerakan kerja menyusun batu bata. Sejak itulah Gilbreth bersama istrinya lilian seorang psikolog melakukan penelitian mengenai studi gerakan. Mereka mengamati gerakan-gerakan kerja yang dilakukan pekerja dengan menggunakan kamera untuk merekamnya. Penelitian tersebut berujung pada penemuan suatu prosedur untuk menganalisa gerakan kerja dan memperbaikinya. Prosedur tersebut adalah membagi gerakan-gerakan kerja menjadi elemen-elemen gerakan dasar yang merupakan bagian dari suatu gerakan. Elemen-elemen gerakan yang dikembangkan oleh Gilberth berjumlah 17 buah dan dan dengan elemen-elemen inilah perbaikan-perbaikan gerakan dilakukan. F.B. Gilberth menerbitkan bukunya pada tahun 1991 berjudul ―Motion Study‖. Selain itu, ia mengembangkan prinsip-prinsip perancangan sistem kerja yang dikenal sebagai Ekonomi Gerakan. Prinsip-prinsip ini dimaksudkan untuk mendapatkan suatu sistem kerja yang terancang baik sehingga memudahkan dan menyamankan gerakan-gerakan kerja untuk sejauh mungkin menghindarkan atau melambatkan datangnya kelemahan (fitique). Dalam perkembangan selanjutnya karena kedua hasil penelitian tersebut saling melengkapi dan dipandang sebagi satu kesatuan, akhirnya keduanya digabungkan dan dikembangkan sehingga akhirnya dikenal sebagai Teknik Tata Cara Kerja atau Methods Engineering.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment