-->

BEBERAPA MEKANISME PEMBENTUKAN ENDAPAN PIROKLASTIK

1.  Endapan piroklastik  jatuhan (pyroclastic  fall).  Yaitu onggokan piroklasti yang diendapkan melalui udara. Umumnya berlapis baik, struktur butiran bersusun, meliputi : breksi piroklastik, aglomerat, lapilli, tuff.


2.  Endapan piroklastik aliran (pyroclastic flow).  Yaitu material hasil langsung dari pusat erupsi kemudian teronggukan pada suatu tempat. Meliputi :hot avalance, glowing avalance, lava collapse avalance, hot ash  avalance. Umumnya suhu tinggi 500-650 derajat. Endapan mengisi cekungan  morfologi.

3. Endapan piroklastik surge (pyroclastic surge).   Yaitu suatu awan campuran dari bahan padat dan gas (uap air) yang mempunyai  rapat massa rendah dan bergerak dengan tinggi secara turbulent di atas permukaan. Umumnya mempunyai pemilahan baik , berbutir halus dan berlapis baik.Mempunyai struktur primer : laminasi, perlapisan bergelombang hingga planar. Yang paling khas endapan ini mempunyai struktur silang siur, melensa dan bersudut kecil.  




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment