-->

Batuan Ekstrusi / Batuan Vulkanik

Kelompok batuan ekstrusi terdiri dari semua material yang dikeluarkan ke permukaan bumi baik  di daratan ataupun di bawah permukaan laut. Material ini mendingin dengan cepat, ada yang berbentuk padat, debu atau suatu larutan yang kental dan panas yang biasa kita sebut lava. Bentuk dan susunan kimia dari lava mempunyai ciri sendiri. Ada dua tipe magma ekstrusi, yang pertama memiliki kandungan silika yang rendah dan vikositas relatif rendah.  Sebagai contoh adalah lava basaltik yang sampai ke permukaan melalui celah dan setelah di permukaan mengalami pendinginan yang cepat.  Biasanya lava basaltik memiliki sifat sangat cair, sehingga setelah sampai di permukaan akan menyebar dengan daerah yang sangat luas.  Gunung-gunung di kepulauan Hawaii merupakan suatu contoh yang sangat baik untuk magma yang bersifat basaltik.  Lava basaltik di daerah Hawaii ini mengeluarkan material seperti, batuan yang berukuran bongkah dan butiran halus sampai ke kacaan (glass). Bila sampai ke permukaan dan mengalami pelapukan akan menjadi tanah (lempung), jika berakumulasi dibawah permukaan akan merupakan lapisan didalam pengendapan batuan sedimen. Tipe kedua dari lava ini adalah bersifat asam, yang memiliki kandungan silika yang tinggi dan vikositas ( kekentalan ) relatif tinggi.  Akibat dari vikositas ini bila sampai ke permukaan akan menjadi suatu aliran sepanjang lembah. 

Vikositas yang tinggi dan terbentuknya urat-urat pusat, ini akibat letusan gunung api dan berhubungan dengan lava. Cone sering terjadi akibat kegiatan gunung api, dimana terjadi pemecahan didalam blok batuan yang besar. Lapisan dari butiran halus berasal dari debu vulkanik, sedangkan campuran antara batuan dan butiran halus yang sering berasosiasi dengan batuan  vulkanik  disebut  batuan piroklastik. Percampuran dari fragmen batuan yang besar dengan lava dan debu vulkanik, sehingga membentuk agglomerat. Butiran halus seperti debu dan fragmen batuan maka akan membentuk tuf. 



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment