-->

Bagian-bagian dari kikir




Bagian dari file
1. Ujung
2. Muka
3. Pangkal
4. tangkai
5. Panjang.
Pada bagian muka terdapat gigi-gigi pemarut. Dari ujung sampai pada batas tangkainya dinamakan badan. Panjang badan inilah yang merupakan ukuran panjang kikir (dalam inci).
Seluruh badan kikir ini disepuh atau dikeraskan, kecuali tangkainya. Perbedaannya dapat dilihat secara visual pada kikir yang masih baru. Tangkainya bersifat lembek         (maliable), sedangkan badan kikir , keras tapi rapuh (ducktil).
Mengikir adalah salah satu kegiatan meratakan permukaan benda kerja hingga mencapai ukuran, kerataan dan kehalusan tertentu dengan menggunakan kikir yang dilakukan dengan tangan. Dalam hal ini untuk mendapatkan hasil pengikiran yang presisi dan maksimal diperlukan pemahaman tentang jenis dan karakteristik kikir sebagai alat peraut/pengikis dan teknik-teknik mengikir yang baik. 
Selain itu pekerjaan mengikir juga diperlukan tenaga yang kuat dan harus telaten, ulet dan teliti. Dengan demikian pekerjaan mengikir dapat dikatakan sebagai dasar keterampilan untuk pembentukan seseorang menjadi praktisi pemesinan yang profesional dan handal. 
Perlu diketahui bahwa kegiatan mengikir bukan hanya meratakan dan menghaluskan sebuah permukaan benda kerja hingga mencapai ukuran, kerataan dan kehalusan tertentu, melainkan juga harus tercapai kesejajaran dan kesikuannya.  
Kikir mempunyai bentuk guratan gigi disetiap jenisnya. Untuk setiap jenis bahan ada bentuk gigi yang ideal yang memberikan aksi pemotongan/penyerutan yang paling efisien



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment