-->

Wireline

Wireline adalah kawat baja yang digunakan untuk menahan atau menggantung peralatan bawah permukaan yang sedang dioperasikan di dalam lubang sumur.Wireline saat digunakan dalam operasi digunakan beban maksimum 80 % dari beban patah minimumnya. Wireline yang digunakan dalam operasi wireline ada tiga macam yaitu : 1. Slick line ( single strand line ) 2. Stranded Line ( multi Stand line ) 3. Conduktor line Slic line adalah kawat baja tunggal yang padat dengan garis tengah yang lazem digunakan sebesar 0.068, 0.072, 0.082, 0.092 masing masing dalam satuan inchi. Slic line pada umumnya digunakan untuk memasang, menarik dan mengaktifkan alat alat control aliran bawah permukaan dalam well completion. Stranded line adalah wire dengan beberapa solid line yang dijalin menjadi satu. Stranded line diproduksikan dengan diameter 1/8 inch, 3/16 inch, 7/32 inch, dan 1/4 inch. Stranded line digunakan untuk menangani beban beban yang lebih berat pada operasi wire line, misalnya operasi swabbing, pemasangan packer, penyemenan dengan wireline cement tool dan operasi berat lainnya.
Conductor line dibuat mirip dengan stranded line , hanya mempunyai inti yang di isolasi dan di dalamnya di isi satu atau beberapa penghantar. Peralatan Kerja (Service Tools) Tool string. Tool string adalah susunan dari peralatan peralatan pengantar untuk menempatkan peralatan kerja yang diperlukan pada operasi wireline.. Standar toll string terdiri dari: Rope socket Tubular jars Jar-Up Pulling Tool Rope Socket Stem (for spacer) Wire finder.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment