REKENING SEBAGAI ALAT PENCATATAN
Rekening adalah suatu alat untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan yang bersangkutan dengan aktiva, kewajiban,
modal, pendapatan, dan biaya. Tujuan
pemakaian rekening adalah untuk mencatat data yang akan menjadi dasar penyusunan laporan-laporan keuangan. Rekening
memberikan informasi tentang operasi-operasi perusahaan dari hari ke hari.
Sebagai contoh, misalnya
dari rekening dapat diketahui jumlah piutang perusahaan 'kepada para debitur, jumlah kewajiban perusahaan
kepada para kreditur, harga beli aktiva yang dimiliki perusahaan, sumber-sumber dan besamya pendapatan.
Dengan menggunakan rekening maka transaksi-transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan dapat dicatat secara tepat
dan lengkap.
Jumlah rekening yang
perlu diadakan dalam pembukuan suatu perusahaan tergantung kepada kebutuhan. Kumpulan rekening yang digunakan
dalam pembukuan suatu perusahaan disebut buku besar atau
ledger. Buku besar
dapat berupa sebuah "buku" yang halaman-halamannya berfungsi sebagai rekening, atau bisa juga berupa
kumpulan kartu. Dalam buku besar biasanya rekening-rekening disusun dengan
urutan tertentu, yaitu rekening-rekening untuk neraca disusun paling depan, dan
sesudah itu barulah rekening-rekening
yang akan dicantumkan dalam laporan rugi-laba
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi
0 komentar:
Post a Comment