ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN MAEMATIKA DENGAN PENGANTAR BAHASA INGGRIS PADA MATERI POKOK BENTUK LOGARITMA KELAS X IMERSI SMA NEGERI KARANGPANDAN KARANGANYAR 2012/2013
Ungky Pawestri
Soeyono
Ira Kurniawati
Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, UNS, Surakarta
Dosen Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, UNS, Surakarta
Keperluan koresponden : 085799008579, unkungky@yahoo.co.id
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesulitan-kesulitan apa yang
dialami siswa dan guru dalam pembelajaran matematika materi pokok bentuk logaritma
dengan pengantar bahasa Inggris pada program kelas imersi, (2) faktor-faktor apa
yang menyebabkan siswa dan guru mengalami kesulitan dalam belajar matematika
dengan pengantar bahasa Inggris pada materi pokok bentuk logaritma, (3) upaya apa
yang dilakukan untuk meminimalisasikan kesulitan yang dialami dalam pembelajaran
matematika dengan pengantar bahasa Inggris pada program kelas imersi terkait materi
pokok bentuk logaritma.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian
adalah siswa kelas X Imersi SMA Negeri Karangpandan Karanganyar. Sebagai
sumber data adalah siswa kelas X Imersi 2 dan guru yang diobservasi. Dari sumber
data tersebut dipilih 5 siswa sebagai informan. Pengumpulan data dilakukan dengan
mtode observasi, tes, dan wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi
data yaitu dengan membandingkan data hasil observasi, hasil tes dan data hasil
wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi
tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kata Kunci : Analisis kesulitan, Kelas Imersi, Pembelajaran matematika,
LINK DOWNLOAD : PDF
0 komentar:
Post a Comment