ANALISIS PENGELOLAAN DAN INTERAKSI KELAS DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS
Kelik Wachyudi, Mansyur Srisudarso, Fauzi Miftakh
Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Singaperbangsa Karawang
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan dan interaksi kelas oleh
dosen dalam mengajar bahasa Inggis serta respon mahasiswa terhadap interaksi dosen dalam
mengajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di prodi
PendidikanBahasa Inggris semester 4, FKIP UNSIKA. Dalam pengambilan data, wawancara
dilakukan kepada satu dosen dan 5 mahasiswa yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu sedangkan
observasi dilakukan di satu kelas untuk mengamati proses belajar mengajar. Secara keseluruhan
proses pengelolaan kelas oleh dosen dalam mengajar berjalan dengan cukup baik. Selain itu baik
dosen juga menerapkan aspek-aspek yang berkaitan dengan pengelolaan kelas seperti movement
(proximity, aprociacy, movement, awareness), mantaining discipline (before and after problem),
giving feedback (written, oral, positif and negative), dan seating arrangemen. Sementara itu,
respon mahasiswa terhadap interaksi yang dilakukan dosen cukup positif. Hal ini disebabkan oleh
perlakuan dosen yang baik pula terhadap mahasiswa sehingga mahasiswa menjadi tenang dan
rileks dalam belajar. Selain itu mahasiswa juga menjadilebih percaya diri dan termotivasi untuk
aktif dikelas karena dorongan dan pujian dari dosen. Hal ini membuat interaksi antara dosen dan
mahasiswa di kelas menjadi terbangun dan lebih hidup.
Kata kunci: Pengelolaan kelas, interaksi kelas, pengajaran bahasa.
LINK DOWNLOAD ; PDF
0 komentar:
Post a Comment