-->

STUDI LITERATUR TENTANG PERAN MUHAMMADIYAH DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA [JURNAL]


Oleh : Mafidin

LINK DOWNLOAD : PDF

Pendidikan merupakan suatu proses yang berkesinambungan guna menumbuh kembangkan
peserta didik kearah kesempurnaan berdasarkan fitrahnya. Maka dari itu, pendidikan yangdilaksanakan harus seimbang dalam mempelajari ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama
sehingga ilmu pengetahuan yang dipelajari selaras dengan kaidah-kaidah agama. Latar
belakang dilakukannya penelitian ini adalah adanya kenyataan di lapangan yang
menunjukkan diantara sekian banyak sekolah-sekolah yang didirikan baik oleh pemerintah
maupun swasta pada dasarnya lebih menekankan pada tatanan pengetahuan dan keterampilan
semata dan cenderung mengesampingkan pengetahuan agama (Islam) dalam artiapendidikan keagamaa hanya dijadikan sebagai pelengkap kurikulum saja.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian kepustakaan dengan menggunakan
metode historis dengan harapan agar peneliti dapat mengkaji perkembangan pendidikan
Muhammadiyah dari masa awal berdirinya hingga sekarang. Pengumpulan data dilakukan
dengan mengunakan beberapa menelaah dan mengeksploitasi buku-buku, dokumen-
dokumen, internet dan sumber-sumber lain yang relevan. Hasil penelitian ini diantaranya
menyimpulkan bahwa merurut Muhammadiyah pendidikan adalah suatu keniscayaan (harus
ada) dan Muhammadiyah juga beranggapan bahwa pendidikan yang harus dilaksanakan
adalah pendidikan yang holistic yakni memadukan atau menyeimbangkan antara
pengetahuan ke-Islam dengan pengetahuan umum sehingga menghasilkan manusia yang
cerdas dalam keilmuan dan memiliki karakter (berakhlak mulia) maka dari itu
Muhammadiyah menyelenggarakan pendidikan yang lebih modern yang sesuai dengan
tuntutan zaman.
Kata kunci: pendidikan, Muhammadiyah, ilmu, agama



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment