-->

PERANAN GURU BIDANG STUDI PKn DALAM UPAYA PEMAJUAN HAM DI SEKOLAH [PAPER]


LINK DOWNLOAD : PDF

Sukarman Kamuli1

Pendahuluan
Dunia pendidikan terus berkembang seiring perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
tersebut menuntut peran guru di sekolah sebagai sosok individu yang menjadi
salah satu sumber inspirasi peserta didik dalam mencapai keberhasilan yang
dicita-citakan. Guru sebagi agen pembelajaran (learning agent) adalah sebagai
fasilitator, motivator, pemacu, perekayasa pembelajaran, dan pemberi inspirasi
belajar bagi peserta didik. uru tidak lagi memandang diri sebagai satu-satunya
sumber belajar dan juga tidak memandang anak didik sebagai objek pendidikan.
Guru dituntut lebih kreatif dan proaktif menciptakan kondisi yang memungkinkan
peserta didik betah dan tertarik dengan performance guru dalam mengajar
maupun di luar jam mengajar.
Performance guru turut menenentukan tumbuhnya motivasi dan simpati
peserta didik akan pesan-pesan yag disampaikannya dalam muatan materi ajar.
Performance guru tersebut bisa dilihat dari: cara guru tampil dalam kelas, cara
mengolah bahasa atau tutur kata dalam mengajar, referensi atas materi yang
diajarkan/ sumber rujukan mengajar, metode atau model-model pembelajaran
yang dipilih, konsistensi antara apa yang disampaikan dengan tindakan yang
dilakukannya, dan lain-lain. Hal-hal tersebut sangat penting dicermati dan
direnungkan para guru, sehingga harapan guru menjadikan anak didiknya menjadi
lebih baik dari pada dirinya bisa menjadi kenyataan. Sebaliknya ada sebagian
kecil para guru yang justru memperlihatkan hal-hal yang tidak sepatutnya ditiru
oleh peserta didiknya. Slogan “Guruku Idolaku” patut ditumbuhkembangkan di



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment