-->

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SMK [JURNAL]


OLEH : Herman Dwi Surjono, Heni Rita Susila

PENERBIT : Fakultas Teknik UNY, FKIP Universitas Baturaja

LINK DOWNLOAD : PDF

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi perangkat lunak multimedia
pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Tahapan penelitian ini
meliputi perencanaan, desain dan pengembangan. Tahap perencanaan meliputi penentuan ruang
lingkup, identifikasi karakteristik siswa dan pengumpulan bahan ajar. Tahap desain meliputi
analisis konsep materi, pembuatan flowcharts dan storyboards. Tahap akhir yakni proses
pengembangan meliputi penyiapan komponen multimedia, pembuatan program, dan evaluasi.
Evaluasi terdiri atas uji alpha oleh ahli materi dan ahli media, uji beta oleh siswa dan uji sumatif
melalui pretes dan postes. Multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan ini terdiri atas
materi bahasa Inggris dengan topic personality traits, people dan compliments. Menurut ahli
materi, media ini termasuk sangat baik dalam aspek pembelajaran dan baik dalam aspek materi.
Sedangkan menurut ahli media, media ini termasuk sangat baik. Siswa yang belajar menggunakan
media ini mencapai tingkat ketuntasan 70%, sedangkan yang belajar menggunakan media cetak
Kata kunci: Multimedia pembelajaran, Bahasa Inggris, Siswa SMK



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment