KEEPING JOURNAL WRITING TO IMPROVE THE WRITING ABILITY OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA N 1 JEKULO KUDUS IN THE ACADEMIC YEAR 2009/2010 [JURNAL]
LINK DOWNLOAD : PDF
Asmal Wafa, Muh.Syafei, Ahdi Riyono1
ABSTRAK
Sejak bertahun-tahun lalu, orang sering kali berpikir bahwa menulis adalah
ketrampilan yang paling sulit. Lemahnya grammar, kesulitan dalam pemilihan kata dan
ketakutan dalam membuat kesalahan adalah beberapa alasan mengapa menulis dianggap
sebagai ketrampilan yang sulit. Hal ini juga yang menyebabkan kebanyakan siswa di SMA N
1 Jekulo yang notabennya merupakan sekolah yang lengkap dalam hal fasilitas untuk
mendukung proses pembelajaran bahasa justru mendapatkan nilai yang rendah dibidang
menulis yang dibuktikan dengan perolehan nilai dibawah KKM yaitu 52,4. Penelitian ini
dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas satu SMA N 1 Jekulo Kudus
pada tahun ajaran 2009/2010 dengan menulis jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan ada tidaknya perkembangan yang signifikan dalam kemampuan menulis
siswa kelas epuluh SMA N 1 Jekulo Kudus tahun ajaran 2009/2010 setelah menulis jurnal.
Penelitian ini tergolong kedalam penelitian eksperimen dengan pre-test dan post test.
Penelitian ini berfokus pada penerapan jurnal pada siswa kelas sepuluh SMA N 1 Jekulo
Kudus tahun ajaran 2009/2010 berdasarkan pada konsep learning journal oleh Hiemstra
(2001) yang dipadukan dengan beberapa pengembangan dari penulis. Setelah dilakukan
treatment, siswa dites dalam post-test. Hasil dari post-test menunjukkan bahwa siswa tersebut
menempati berada dalam ketegori “Baik” dengan nilai rata-rata 58,2 menjadi 80,5 dengan to
8,04 > tt
2,04 pada level signifikan 5% dan degree of freedom 34 (n-1).
Kata Kunci: Menulis, Kemampuan Menulis, Journal, Menjaga Journal, Meningkatkan
Kemampuan Menulis
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi
0 komentar:
Post a Comment