-->

Transistor

Gambar 4.2 (Konstruksi transistor)


Transistor adalah komponen semikonduktor yang terdiri atas sebuah bahan type pdan diapit oleh dua bahan tipe n (transistor NPN) atau terdiri atas sebuah bahan tipe n dan diapit oleh dua bahan tipe p (transistor PNP).Sehingga transistor mempunyai tiga terminalyang berasal dari masing-masing bahan tersebut.Struktur dan simbol transistor bipolar dapar dilihat pada gambar.Disamping itu yang perlu diperhatikan adalah bahwa ukuran basissangatlah tipis dibanding emitor dan kolektor. Perbandingan lebar basis ini dengan lebar emitor dan kolektor kurang lebih adalah 1 : 150. Sehingga ukuran basis yang sangat sempitini nanti akan mempengaruhi kerja transistor. Simbol transitor bipolar ditunjukkan padagambar.Pada kaki emitor terdapat tanda panah yang nanti bisa diketahui bahwa itumerupakan arah arus konvensional. Pada transistor npn tanda panahnya menuju keluar sedangkan pada transistor pnp tanda panahnya menuju kedalam.Gambar 1 Simbol Transitor bipolar ditunjukkan padaKetiga terminal transistor tersebut dikenal dengan Emitor (E), Basis (B) dan Kolektor (C).Emitor merupakan bahan semikonduktor yang diberi tingkat doping sangat tinggi. Bahankolektor diberi doping dengan tingkat yang sedang.Sedangkan basis adalah bahan dengandengan doping yang sangat rendah.Perlu diingat bahwa semakin rendah tingkat doping suatu bahan, maka semakin kecil konduktivitasnya. Hal ini karena jumlah pembawa mayoritasnya(elektron untuk bahan n; dan hole untuk bahan p) adalah sedikit.

  • Fungsi transistor
Transistor dapat dipergunakan antara lain untuk :
  1. Sebagai penguat arus, tegangan dan daya (AC dan DC) 
  2. Sebagai penyearah 
  3. Sebagai mixer  
  4. Sebagai osilator   
  5. Sebagai switch

  • Prinsip kerja transistor
Dari banyak tipe-tipe transistor modern, pada awalnya ada dua tipe dasar transistor, bipolar junction transistor (BJT atau transistor bipolar) dan field-effect transistor (FET), yang masingmasing bekerja secara berbeda.
Transistor bipolar dinamakan demikian karena kanal konduksi utamanya menggunakan dua polaritas pembawa muatan: elektron dan lubang, untuk membawa arus listrik. Dalam BJT, arus listrik utama harus melewati satu daerah/lapisan pembatas dinamakan depletion zone, dan ketebalan lapisan ini dapat diatur dengan kecepatan tinggi dengan tujuan untuk mengatur aliran arus utama tersebut.
FET (juga dinamakan transistor unipolar) hanya menggunakan satu jenis pembawa muatan (elektron atau hole, tergantung dari tipe FET). Dalam FET, arus listrik utama mengalir dalam satu kanal konduksi sempit dengan depletion zone di kedua sisinya (dibandingkan dengan transistor bipolar dimana daerah Basis memotong arah arus listrik utama). Dan ketebalan dari daerah perbatasan ini dapat diubah dengan perubahan tegangan yang diberikan, untuk mengubah ketebalan kanal konduksi tersebut.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment